Panduan Lengkap Membeli PC dan Notebook untuk Anda

PANDUAN MUDAH MEMBELI LAPTOP | TIPS MEMBELI NOTEBOOK


Apakah Anda memiliki rencana untuk membeli Laptop atau Notebook di tahun 2014 ini? Tapi masih bingung untuk menentukan pilihan? Mudah-mudahan panduan membeli Laptop atau Notebook dibawah ini akan membantu Anda memahami beberapa hal yang Anda perlu pertimbangkan dalam memilih Laptop atau Notebook yang ideal.

Bagaimana Memilih Sistem Operasi Laptop atau Notebook

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan:
  • Operating system (OS)
Operating system (OS) adalah otak dan pusat syaraf komputer Anda. Tanpa OS, maka program atau aps tidak dapat berjalan pada komputer Anda. Intinya, OS adalah program paling dasar yang mengatur kinerja perangkat keras (hardware) komputer Anda.

1. Microsoft Windows – Merupakan OS paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. Juga merupakan OS yang memiliki kompabilitas tinggi baik untuk digunakan di berbagai macam tipe/ merk komputer, program-program maupun aksesoris yang umum dan sering digunakan. Laptop atau Notebook versi terbaru biasanya dilengkapi dengan Windows 8 atau 7. Laptop atau Notebook dengan OS Windows 8 lebih dioptimalkan untuk touch screen (meskipun Anda tetap dapat menggunakan keyboard dan mouse apabila menginginkannya). Terdapat sedikit perbedaan pada tampilan menu Windows 8 namun sebagian fungsi dan fitur masih sama dengan Windows versi sebelumnya.

2. Apple Mac OS – Terinstal secara eksklusif hanya untuk produk Apple seperti Macbook atau Imac. OS ini memiliki user interface (tampilan) yang elegan dan mudah digunakan yang juga dirancang untuk mendukung daya tahan baterail Laptop atau Notebook yang tahan lama. Saat ini Apple dengan Mac OS-nya semakin berinovasi dengan mengembangkan berbagai macam fitur yang tentunya akan semakin mempermudah aktivitas dan pekerjaan Anda. Jika Anda menggunakan produk Apple lainnya seperti iPhone atau iPad, maka akan sangat mudah untuk melakukan sinkronisasi data antar produk Apple yang Anda miliki. Macbook versi terbaru menggunakan Mac OS X Mountain Lion, yang memberikan lebih dari 200 fitur baru seperti integrasi dengan berbagai situs social media, perbaikan dalam fitur messaging dan keamanan.

3. Linux - Linux adalah open source software, artinya penggunaan, distribusi, modifikasi dapat dilakukan oleh siapa saja. Versi Linux yang paling populer adalah Ubuntu atau Fedora. Kelebihan dari OS Linux adalah gratis dan mudah dikustomisasi. Namun pilihan program dan game yang bisa dijalankan jauh lebih sedikit dibanding Windows.

4. DOS – Terminologi ini banyak digunakan di Indonesia. Laptop atau Notebook atau desktop DOS artinya belum terpasang OS apapun. Bagi kebanyakan pengguna sebaiknya membeli komputer yang sudah terinstall OS untuk kemudahan Anda.

Tips Memilih OS Laptop atau Notebook

Anda dapat memilih OS yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda sudah menggunakan beberapa produk Apple, maka Macbook merupakan pilihan yang baik. Meskipun memiliki harga yang tidak murah, Macbook mempunyai design, kualitas dan pelayanan after sales service yang sangat baik.

Jika Anda perlu Laptop atau Notebook untuk pekerjaan ringan dan budget Anda terbatas, maka dapat mencoba OS Linux. Jika Anda menggunakan berbagai macam program atau jika Anda masih bingung menentukan pilihan OS, kami sarankan membeli Laptop atau Notebook dengan OS Windows.

Satu hal mengenai OS Windows: jika Laptop atau Notebook yang Anda beli belum terinstall Windows maka pastikan Anda membeli OS Windows asli/ original. Walau tidak murah, Windows original mempunyai berbagai macam fitur dan support yang dapat membantu keamanan data di Laptop atau Notebook Anda. Lagipula Windows original yang terinstal di Laptop atau Notebook pada umumnya dapat Anda gunakan selama beberapa tahun, sehingga untuk jangka panjang harga yang Anda bayar menjadi lebih murah.

Memilih ukuran layar Laptop atau Notebook 
  • Ukuran 10 inci s/d 13 inci Laptop atau NotebookUltra portable dan ringan. Opsi spesifikasi terbatas karena banyak prosesor atau video card spesifikasi tinggi tidak yang tidak dapat dipasang. Cocok bagi Anda yang sering membawa Laptop atau Notebook ke berbagai tempat untuk keperluan kerja atau sekolah.
  • Ukuran 14 inci s/d 16 inci Laptop atau Notebook –Opsi spesifikasi beragam untuk berbagai program dan pekerjaan. Jika tidak terlalu mementingkan berat, maka kategori ini adalah pilihan terbaik karena cukup ringan untuk dibawa namun cukup besar dan kuat untuk berbagai pekerjaan.
  • Ukuran 17 inci s/d 18 inci Laptop atau Notebook – Bisa disebut sebagai pengganti desktop. Banyak produk dengan spesifikasi terbaru dan tercanggih sehingga cocok untuk hardcore gamer atau video editing. Untuk pekerjaan sehari-hari pun lebih mudah untuk penglihatan Anda karena layar yang besar.
Ekstra fitur untuk pertimbangan Anda 
  • Touch Screen – Banyak Laptop atau Notebook Windows 8 yang dilengkapi dengan layar sentuh. Beberapa bahkan dapat digunakan sebagai tablet, disebut juga hybrid Laptop atau Notebook. Jika Anda tidak memerlukan layar sentuh, Anda bisa menghemat cukup banyak untuk harga Laptop atau Notebook yang Anda beli atau Anda bisa menggunakan budget Anda untuk menambah fitur lainnya.
  • Video Graphic Card (VGA) – Program rendering atau 3D seperti Autocad juga memerlukan dedicated VGA. Game Facebook tidak perlu dedicated VGA, walau game seperti Warcraft, The Sim atau PES disarankan dedicated VGA. Dedicated VGA artinya memori khusus, terpisah dari RAM, untuk membantu proses olah video dan graphic. Pada kolom VGA akan tertulis ATI/AMD atau Nvidia, dua merk VGA paling populer. Jika tertulis Integrated atau Shared maka pengolahan grafis menggunakan memory RAM, sehingga lebih lemah dibanding Dedicated. Terakhir, VGA pada Laptop atau Notebook tidak bisa upgrade jadi kalau Anda mungkin membutuhkan di kemudian hari, carilah Laptop atau Notebook dengan dedicated VGA.
  • Optic Drive – Banyak Laptop atau Notebook yang tidak mempunyai DVD atau Bluray Drive, sehingga Laptop atau Notebook menjadi lebih ringan. Dengan semakin cepat dan murah internet, banyak kalangan yang memilih untuk download atau streaming sehingga tidak memerlukan optic drive lagi. Selain itu Anda dapat juga membeli eksternal DVD/ Bluray jika membutuhkan di kemudian hari. Namun jika Anda memang sering menonton DVD di komputer maka sebaiknya cari Laptop atau Notebook dengan DVD atau Bluray drive.
  • Solid state drive (SSD) – SSD adalah salah satu tipe hard drive yang semakin populer karena jauh lebih cepat dibanding hard drive biasa. Namun secara harga masih jauh lebih mahal dibanding hard drive biasa. Jika Anda punya budget ekstra, maka Laptop atau Notebook dengan SSD dapat dipertimbangkan.
  • USB dan ports lainnya – Hitung berapa USB dan ports lainnya pada Laptop atau Notebook yang ingin Anda beli. USB ports digunakan untuk koneksi dengan mouse, smartphone, flash drive dan berbagai alat lainnya.
  • Baterai – Jika Anda memiliki mobilitas yang sangat tinggi dan banyak melakukan perkejaan outdoor, maka cari Laptop atau Notebook dengan daya tahan baterai yang baik. Laptop atau Notebook terbaru umumnya dapat bertahan 3 sampai 6 jam untuk pemakaian normal. Secara umum, semakin tinggi spesifikasi Laptop atau Notebook maka akan semakin boros baterai nya.
Demikianlah sekelumit panduan lengkap bagi Anda ketika akan membeli Laptop atau Notebook. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda...

0 Response to "Panduan Lengkap Membeli PC dan Notebook untuk Anda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel